Heyhoo!, apa anda bosan dengan review dengan base AOSP / CM melulu ? kali ini Jagat Tekno akan review Epic ROM 7.8.31 yang menggunakan base dari Xiaomi EU. Sebagian dari anda pasti akan bertanya, “Ada bahasa Indonesia nya tidak ?”. Sayang sekali di Epic ROM ini tidak ada bahasa Indonesia nya, ya karena sudah Jagat Tekno jelaskan tadi dan dari pihak Xiaomi EU pun tidak akan menambahkan bahasa Indonesia di Custom ROM berbasis MIUI nya. Yuk, langsung saja review Epic ROM 7.8.31 untuk anda :

 

1Bootanimation

Anda pasti tahu kan bootanimation original MIUI yang begitu polos hanya bertuliskan Android dan animasi 3 dot / titik nya itu ?, ya seperti itu lah animasi nya tetapi ditambahkan dengan logo dari Epic ROM itu sendiri, tidak ada yang spesial sama sekali.

 

2Homescreen

Hampir tidak ada bloatware / aplikasi bawaan yang disisipkan di Epic ROM ini, hanya ada Mi Remote, Google Play Store, Themes dll nya. Sangat bersih Homescreen nya.

 

3Software Camera

Menurut Jagat Tekno, sama seperti base nya yang dipakai yaitu Xiaomi EU, tidak buruk atau bahkan bisa dibilang sama seperti MIUI yang original nya. Dengan noise khas nya jika anda memotret dalam keadaan Low-Light / pada malam hari dan bening nya di siang hari.

 

4Battery

1 kata dari Jagat Tekno, Heran. Kenapa ?, karena Jagat Tekno merasakan keanehan pada batre saat memakai Epic ROM ini. Jagat Tekno tidak menemukan bug drop batre yang biasanya didapatkan di Custom ROM base MIUI yang lain, misalnya MIUI Pro, MIUI Globe dan bahkan dari Xiaomi EU nya sendiri Jagat Tekno bisa menemukan bug drop batre tersebut. Untuk SOT nya Jagat Tekno rasakan sama seperti Custom ROM MIUI yang lainnya.

 

5Thermal / Suhu

Aneh, kenapa bisa ?. Entah hanya perasaan saja atau tidak karena Jagat Tekno merasakan suhu yang terkadang hangat dan terkadang dingin dengan sendirinya. But overall suhu yang sering Jagat Tekno rasakan itu dingin tetapi dengan sedikit kehangatan didalamnya.

 

6Performa

Ini juga bisa Jagat Tekno bilang aneh, terkadang untuk ngegame bisa stabil bisa patah – patah sendiri. Jagat Tekno memainkan Arena Of Valor beberapa match dan saat terakhir dari beberapa match itu terkadang merasakan patah – patah sendiri, tetapi saat tadi siang Jagat Tekno tidak merasakan patah – patah itu. Dan jika anda hanya suka bersosmed jangan khawatir, aman.

 

7Fitur Bawaan

Sedikit kecewa dengan hilangnya Second Space dan bahkan Mi Account yang tidak bisa ditambahkan, salah satu fitur yang Jagat Tekno butuhkan itu Mi Account nya karena bisa dengan mudah nya men-download theme di Theme Store nya dan bisa memudahkan untuk mencari device yang hilang melalui akun yang tertanam di HP nya itu, ya walaupun masih bisa di deteksi dengan akun google nya tetapi bagi Jagat Tekno itu adalah rasa kehilangan yang membuat Jagat Tekno kecewa.

 

8Kelebihan Epic ROM

Walaupun fitur bawaannya membuat Jagat Tekno dan mungkin anda juga kecewa, tetapi ada kelebihan yang mungkin anda akan mencoba Epic ROM ini. Berikut kelebihannya :

  • Bloatware yang sangat sedikit.
  • Software Camera bawaan sama seperti basenya, Xiaomi EU.
  • Performa untuk social media yang stabil.
  • Thermal / Suhu yang tidak panas berlebihan.

 

9Kekurangan Epic ROM

Dengan bloatware nya yang sedikit dan performa nya yang bisa dibilang stabil, tetapi dengan kekurangannya ini mungkin anda akan membatalkan niat anda untuk mencobanya. Berikut kekurangannya :

  • Tidak bisa menambah Mi Account.
  • Tidak adanya second space.
  • Fitur Dual Apps dimatikan.
  • Bug di Auto Brightness nya, terkadang gelap sendiri.
  • Import theme Force close ( mungkin cuma Jagat Tekno yang mengalami ).

 

Untuk men-download Epic ROM anda bisa klik Disini. Google Apps sudah termasuk di dalam Custom ROM berbasis MIUI dan anda hanya tinggal login akun Google anda saja.

Berikut sedikit preview Epic ROM :

Note : 

  • Custom ROM ini hanya untuk semua varian Xiaomi Mi 4C dengan Codename : Libra
  • Bootloader yang digunakan adalah versi Nougat, jika anda menggunakan Bootloader Lollipop maka anda harus Upgrade terlebih dahulu.
  • Gapps Included.
  • ROM ini rootless ( belum ter-Root ).

3 COMMENTS

  1. Ane juga kurang suka dengan Epic rom versi miui 9 ini, malah klo mnurut ane msh lebih baik yg epic versi miui 8.5, terutama di ram manajemennya
    Sementara ini ane msh betah di AICP 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here