Hallo selamat sore sobat kali ini saya akan berbagi sebuah pengalaman yang pernah saya alami, pengalaman yang saya alami ini ya bisa di bilang rada-rada aneh sobat. Anehnya itu ketika mencopy file dari laptop ke flashdisk muncul sebuah pesan error sebuah peringatan “File too larger” dan pada peringatan tersebut ada keterangan “The file is too large for the destinations file system” dan tentunya data yang ingin saya copy dari laptop ke flashdisk tadi ya tidak bisa sobat. Mungkin dari sobat ada yang pernah mengalami hal seperti itu?

Nah usut punya usut setelah mencari tahu kesana kemari ternyata permasalahannya ada di flashdisk itu sendiri. Hal itu di sebabkan karena secara defaulth flashdisk menggunakan sistem FAT32, otomatis jika flashdisk menggunakan sistem default ia tidak akan bisa menerima data yang kapasistasnya lebih dari 4Gb.

Inilah yang saya alami kemaren sobat ketika saya hendak menyalin file ISO Windows 10 yang berukuran lebih dari 4GB otomatis saat hendak mencopy file keluar sebuah peringatan seperti gambar yang ada di bawah ini, padahal ukuran kapasistas flashdisk yang saya gunakan itu 8GB lo sobat, kan aneh kapasitas flashdisk 8GB untuk menyalin file 4GB saja tidak bisa. Ya saya kira juga ketika itu kapasitas flashdisk saya sudah penuh makanya tidak bisa menerima file lagi pas saya cek ternyata isi dari flashdisk saya kosong, makanya seketika itu saya heran bagaimana cara mengatasinya. Setelah mencari cara kesana kemari akhirnya saya menemukan satu cara untuk mengatasi permasalah tersebut dan caranya sangatlah mudah sobat.

Solusinya yaitu kita harus mengubah dulu sistem file yang di gunakan flashdisk tersebut dari FAT32 menjadi NTFS (New Technology File System). Tipe file ini ternyata lebih baik jika di bandingkan dengan tipe file FAT32 yang secara defaulth di gunakan oleh flashdisk.

Jadi untuk anda yang sedang mengalami permasalah seperti saya, sobat bisa mencoba mengikuti panduan tutorialnya di bawah ini:

  • Sebelum memformat flashdisk pastikan flashdisk anda sudah terhubung ke PC/Laptop
  • Setelah itu klik kanan pada drive atau partisi flashdisk kamu, seperti contoh gambar yang ada di bawah ini drive flashdisk berada pada drive F, kemudian langsung saja sobat klik menu “Format”

  • Kemudian ubah tipe file sistem nya dari FAT32 menjadi NTFS, dan setelah itu klik “Start” untuk memformat flashdisk

  • Tunggu beberapa saat dan nanti akan keluar sebuah peringatan ketika hendak memformat flashdisk yang berisisi bahwa seluruh data yang ada di flashdisk akan terhapus jika di format.
  • Jika data di dalam flashdisk sudah di backup silahkan sobat klik OK

  • Tunggu beberapa saat sampai proses format flashdisk selesai, dan jika sudah selesai nanti akan keluar pemberitahuan berupa “Format Complete” langsung saja klik “OK” untuk menyelesaikan proses format.

  • Selesai sobat, sekarang flashdisk anda sudah dapat berjalan dengan normal lagi dan juga sudah menggunakan file system NTFS. Untuk mencoba apakah flashdisk anda sudah bisa mencopy file yang berukuran 4GB tersebut tinggal di coba lagi saja.

Demikianlah artikel ini kamu buat, semoga panduan tutorial cara mengatasi error copy file too large yang terjadi di flashdisk anda dapat teratasi dengan mengikuti tutorial yang ada di atas. Sekian dari kami semoga bermanfaat buat anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here