Google Chrome saat ini menjadi salah satu browser yang paling banyak digunakan di dunia pada saat ini mulai dari komputer maupun pada smartphone, terlebih pada pengguna Android. Walaupun nyatanya memakan resource RAM yang cukup besar, terbukti menggunakan Google Chrome dapat mengakses mesin pencarian lebih cepat.

Meningkatan Penggunaan Chrome di Android [ Copyright @morenews ]
Karena hampir semua dari kita ingin dapat menjelajah web dengan cepat, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu meningkatkan kinerja Chrome Anda menjadi lebih baik. Yang terbaru Chrome sudah mempermudah pengunduhan laman web untuk penayangan offline yang lebih efesien.

1. Mempercepat pemuatan halaman dengan Brotli

Dengan Mengaktifkan fungsi Brotli kalian dapat meningkatkan kecepatan pemuatan halaman situs dengan lebih cepat dibandingkan tanpa Brotli. Untuk melakukan ini, Anda dapat membuka halaman baru di browser dan memasukkan URL berikut: chrome: // flags / # enable-brotli. [tanpa space]

2. Kurangi penggunaan tab baru jika dalam keadaan multitasking

Penggunaan banyak tab dan juga banyak aplikasi dalam 1 waktu yang sedang berjalan memang sangat berpengaruh pada kinerja Chrome , bahkan dalam keadaan multitasking hampir semua aplikasi akan terasa lag. Dengan ini perlu dioptimalkan, dengan cara berikut. Untuk melakukannya, buka Chrome di Android kalian, klik tiga titik di sudut kanan atas browser, lalu buka: Settings > Merge tabs and apps > Disable. Setelah itu, biasanya browser Chrome kalian akan terasa lebih cepat dari biasanya dan juga lebih terorganisir dalam pemakaian Resource RAM nya.

3. Tambahkan pintasan/bookmark ke situs web di layar utama

Jika Anda sering mengunjungi suatu situs web yang menambahkannya ke layar utama kalian. klik tiga titik di sudut kanan atas browser, pilih: “Add to home screen”. Lalu pilih label ,untuk icon yang akan ditambahkan ke home screen anda.

4. Sinkronisasi Chrome dengan perangkat lain

Fitur ini tentu bukan hal baru, tapi sebagian orang memang jarang menggunakanya. Untuk membuatnya berguna, kalian hanya perlu mengatur beberapa pilihan. Buka setelan Chrome Anda, gunakan akun Google Anda, dan aktifkan sinkronisasi. Sebelum menyinkronkan, buka Chrome di komputer Anda, masuk dengan akun yang sama, lalu “Sinkronkan” di setelan akun dan konfirmasikan bahwa opsi “Open tabs” telah diaktifkan.

5. Simpan data di Chrome

Di Google Chrome, Anda dapat mengurangi penggunaan data internet dengan  cara membuatn settingan lebih awet. Cukup dengan buka browser Chrome dan buka: Menu> Settings> Data Saver. Dengan melakukan cara ini, dengan otomatis Data Saver akan aktif. Mungkin akan terasa hemat jika anda juga tidak terlalu banyak mengunjugi situs yang memang nyatanya menguras banyak data internet seperti youtube ,instagram , dan lain lain.

6. Mode Pembaca

Tidak semua situs telah dioptimalkan untuk dibuka melalui smartphone. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna Anda dengan situs situs dengan masalah ini, Google telah membantu kalian dengan dibuatkannya Mode Pembaca di Chrome. Untuk mengaktifkan fungsi ini kalian dapat melakukan dengan cara ini, buka browser dan masukkan URL berikut: chrome: // flags / # reader-mode-heuristics.

7. Dapatkan notifikasi Facebook dari Chrome

Jika Anda salah satu pengguna Media Sosial Facebook melalui browser smarphone kalian, dan kalian tidak ingin melewatkan pemberitahuan terbaru teman anda, hal ini dapat dilakukan untuk kalian oleh Chrome. Saat pertama kali mengakses situs tersebut dengan Google Chrome, Facebook akan meminta izin untuk mengirim pemberitahuan kepada pengguna. Fitur baru ini lambat laun membuat aplikasi Facebook kurang diminati karena terlalu menguras Resource RAM.

Namun, jika Anda ingin menonaktifkan atau mengaktifkan opsi ini kembali, Anda bisa melakukan cara ini dengan membuka: Setelan profil> Pemberitahuan lalu ketuk ikon perkakas. Kemudian klik “Mobile on” dan kelola.

8. Buka tab bersebelahan dengan fitur multi-window pada Nougat

Ini hanya akan bekerja maksimal jika ponsel anda sudah menggunakan Android Nougat. Buka Chrome , lalu tekan dan tahan tombol aplikasi yang sedang berjalan di ponsel Anda untuk membuka menu multi-window.

Pada tahap, akan terbuka setengah layar yang diduduki aplikasi yang sedang berjalan dan ketuk tombol tiga titik di kanan atas untuk opsi lainnya, lalu pilih Pindah ke jendela lain. Kemudian Anda dapat membuka tab Chrome baru di bagian separuh layar lainnya.

9. Baca laman web secara offline

Selama satu tahun terakhir, telah memungkinkan mendownload laman web untuk melihatnya nanti dilain waktu saat offline, namun pada update yang terbaru membuat hal ini nampaknya semakin mudah untuk dilakukan. Cukup tekan dan tahan link apapun yang sedang anda buka dan pilih “Download link”. Atau, disaat anda offline, Anda dapat memberi tahu Chrome untuk mengunduh situs tersebut saat Anda kembali online. Fitur ini tentu sangat berguna untuk kalian yang sedang dalam perjalanan dan tiba tiba kehilangan sinyal.

Setelah mendownload satu atau beberapa halaman, Anda bisa membuka konten tersebut dengan membuka tab baru. Anda akan melihat laman unduhan Anda tercantum di bagian “Unduhan” dan biasanya berada di bagian atas, di atas beberapa artikel yang disarankan dari Google.

Jadi sekarang setelah Anda mengetahui beberapa tips dan trik penggunaan Chrome di Android , adakah yang menurut Anda bermanfaat dan dapat digunakan sendiri? Adakah tips lain yang berguna untuk teman teman kita yang lain? Beri tahu kami di komentar di bawah ini.

 

sumber : androidpit.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here